Pengalaman Sebagai Branch Relationship Officer (BRO)
Nah pada kesempatan kali ini saya ingin sharing nih sama teman teman JobSeeker. Pastinya banyak dong yang bertanya tanya apasih BRO itu, Jobdesknya ngapain aja sih dan bla bla bla,,,
Langsung saja nih saya share pengalaman kerja saya sebagai BRO atau Branch Relationship Officer. Wehh keren kan nama posisi/jabatanya hehe,,,
Jadi saya pernah bekerja sebagai BRO disalah satu perusahaan finance salah satu anak cabang dari bank yang cukup besar di Indonesia. Perlu teman teman tahu nih BRO itu masuk dalam divisi marketing, yah bisa dibilang kerjanya kita itu sebagai sales. Eeeiitttss tapi jobdesknya beda loh dengan sales biasa. Nah istilah BRO ini biasanya dipakai oleh perusahaan Finance (Anak Cabang dari Bank), jobdeksnya intinya sama kita memasarkan produk fasilitas pembiayaan mulai dari Kredit mobil baru, bekas, takeover dan refinancing, tapi nantinya kita ditempatkan di cabang bank jadi kita ngantornya di bank keren kan. tugas utamanya sih kita harus menjaga hubungan baik dengan pegawai bank nih mulai dari CS, teller, BSM, RM, Marketing bank, BM bahkan dengan Security. Tujuannya apa? disini letak kita bisa jualan, jadi kalau teman teman sudah dekat dengan pegawai bank kita bakal dikasih refferal nasabah untuk diprospek, diajak visit RM follow up nasabah. yah kalau di dunia asuransi hampir sama sih dengan Bancassurance hanya saja produk nya yang berbeda.
Selain itu kita juga harus aktif nih jangan hanya ngandelin refferal, terkadang kita juga harus melakukan Flyering, sebar brosur kepada nasabah yang dateng biar bisa closing. Melakukan kanvasing nyari nasabah diluar kalau refferal lagi sepi, kalau kalian yang suka pekerjaaan lapangan dan banyak relasi pekerjaan ini cocok banget sih. sebenernya sebagai BRO sukses tidaknya itu tergantung bagaimana kita mengolah cabang yang kita pegang. kalian harus rajin mengingtakn pegawai bank agar tidak lupa menawarkan produk kalian kepada nasabah, refresh produk pada saat morning breifing.
Dulu yang saya rasakan sebagai BRO saingan tidak hanya terhadap perusahaan sejenis namun juga dari marketing lain yang juga ditempatkan di Bank, ya contohnya dr marketing Asuransi disitu kita juga bersaing nih sama marketing asuransi itu, gimana cara dapetin hati si RM bank agar produk kita yang ditawarkan kepada para nasabah.
Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat saat bekerja sebagai BRO, skil komunikasi kita diasah. Pada intinya BRO itu sama saja dengan sales/marketing hanya saja kita ditempatkan di cabang cabang bank. Begitulah kurang lebih nya menjadi seorang BRO. Terimakasih sudah mampir ke blog saya. See you!!!!
Comments
Post a Comment